SITUS KIMIA PANGAN

Situs ini berisi berbagai macam info dan ilmu - ilmu tentang kimia khususnya kimia pangan. Semoga situs ini dapat bermanfaat dan bisa membantu anda dalam mendalami ilmu - ilmu kimia pangan I LOVE KIMIA....!!!

Kamis, 25 Juni 2009

The Jambu Biji

Taukah anda kalau kandungan vitamin C di jambu biji (Psidium guajava L) adalah sebanyak 98 mg per 100 g buah, berarti kandungan vitamin C jambu biji sebanyak dua kali lipat dari jeruk manis yang hanya 49 mg per 100 g buah, sehingga kandungan vitamin C didalam buah jambu biji cukup memenuhi kebutuhan vitamin C orang dewasa yang mencapai 70-75 mg per hari.
Jambu biji juga kaya serat, khususnya pektin (serat larut air). manfaat pektin antara lain dapat menurunkan kolesterol dengan cara mengikat kolesterol dan asam empedu dalam tubuh serta membantu mengeluarkannya. Menurut penelitian Singh Medical Hospital dan Research Center Morrabad, India, menunjukkan bahwa jambu biji dapat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida darah serta tekanan darah pada penderita hipertensi.
Tanin yang menimbulkan rasa sepat pada jambu biji juga bermanfaat untuk memperlancar pencernaan dan sirkulasi darah. kalium yang juga terdapat dalam buah ini dapat meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi ke sel tubuh. Mengonsumsi jambu biji 0,5-1 kg/hari selama 4 minggu dapat mengurangi resiko terkena sakit jantung sampai 16%.
Didalam jambu biji juga banyak terkandung likopen yaitu zat karotenoid yang memiliki aktivitas antioksidan, sehingga bermanfaat memberikan perlindungan pada tubuh dari serangan beberapa jenis kanker, likopen terkandung melimpah didalam buah jambu biji merah.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda